Einstein dan Newton Bicara Tentang Kepribadian

Sastra Fisika Sastrawan Fisika

Suatu ketika Einstein dan Newton sedang berada di Paris, Perancis, dalam rangka HoneyMoon untuk yang kesekian kalinya bersama istri-istri mereka. Ketika kedua istri mereka sedang asik berbelanja, mereka lebih memilih untuk pergi untuk menikmati angin segar di puncak menara Eiffel. Mereka duduk di pinggir menara tersebut sambil menjuntaikan kedua kaki mereka ke bawah, dan pembicaraan pun di mulai.


E : “semalam aku baru beli buku boy, dan setelah aku baca lumayan bagus juga isinya…”
Mulai Einstein membuka pembicaraan.

N : “buku apa boy?, tentang fisika lagi….?”

E : (menjitak kepala Newton dengan sedikit keras, hampir saja Newton terjatuh),”ya enggaklah boy…,masak fisika terus,bosan ntar penonton. Bisa-bisa gk ada lagi penggemar kita..”

N : (membetulkan duduknya setelah hampir terjatuh tadi, lalu berbicara dengan nada sedikit berteriak),”Boy….!!!!???mau kau bunuh aku boy? Tinggi ni boy….,kejam kali ko sama aku bah…”

E : (tersenyum akrab ke arah Newton),”hahahahaha..,sorry boy,sorry,..canda.”



N : (masih memasang wajah sewot),”buku apa rupanya yang kau baca itu..?”

E : (memandang ke arah kejauhan tanpa menghadapkan wajahnya ke arah Newton, lalu dengan suara sedikit berat  ia berbicara),”Psikologi boy, bagaimana membaca kepribadian seseorang dari tanggal dan bulan lahirnya,…”

N : (memasang wajah sedikit kecewa),”Beughhhh…,itu namanya ko sudah mengkhianati bidang yang telah membesarkan nama kita boy, mengkhianati bidang yang sudah mengenalkan kita ke seantero bumi ini.”

E : (berbicara dengan nada yang lembut), “bukan gitu boy, aku tetap setianya sama fisika kita itu. Kemaren pas ada bazaar buku murah di Gram**** jadi ku beli aja. Lumayan, Cuma goceng bisa nambah wawasan.”

N : “Elleeeehhh,alasan ko aja tu boy. Ha..,jadi apalah kata buku yang ko baca tu..?”

E : (serius menerangkan kepada Newton),”lebih kurang kata buku tu kita bisa memperkirakan seperti apa kepribadian seseorang dari tanggal dan bulan ia lahir boy, walaupun gak sepenuhnya benar,ya…itung-itung mencoba,mana tahu dengan itu kita bisa lebih mudah memahami orang lain,boy..”

N : “terussssss……..,gua mesti bilang wowwww sambil gerak melingkar berubah beraturan gitu….???”

E : (kembali menjitak kepala Newton, namun kali ini lebih keras dari sebelumnya,sehingga Newton kembali hampir jatuh),”hahahahahaa…..,macam betul aja ko boy, yang ada tu mah sambil koprol bukan gerak melingkar berubah beraturan,ada-ada saja ko boy…”

N : (Kali ini berteriak lebih kuat dari yang sebelumnya).”Boyyyy……!!!!,Ko tu mau bunuh aku ya boy….bilang boy….,bilang..!!! ada dipuncak kita ni boy,di puncakkk……!!!???”

E : “hahahahaa…,sorry sorry sorry….,lupa aku boy…”




Suasana pun hening sejenak. Newton mencoba menormalkan kembali denyut jantungnya yang tak karuan gara-gara hampir jatuh barusan. Selang beberapa saat, Einstein pun kembali melanjutkan pembicaraan.



E : “jadi kan boy kata penulis buku tu, karakter/kepribadian manusia bisa dibagi menjadi beberapa karakter yang dapat diwakili oleh angka mulai dari angka 1,2,3 dan seterusnya sampai 9 boy. Misalkan, ko lahir tanggal 25 desember kan boy?

N : “(mengangguk..)”

E : “Berarti 25+12=37=3+7=10=1+0=1. Angka 1 tu artinya, ko tu Orangnya individualistis, lebih suka menyendiri daripada melebur dalam keramaian. Tapi dibalik kesendirian itu, ko punya ambisi yang sangat besar dalam hidupmua dan juga gak suka diatur..”

N : (memalingkan wajahnya ke arah Einstein,heran…),”Kok ko tahu boy….?”

E : “buku tu yang bilang boy, bukan aku….”


N : “terus klo ko sendiri..?”

E : “klo aku lahir tanggal 14 maret. Berarti 14+3=17=1+7=8. Angka 8 tu artinya Economic oriented. Punya semangat yang tinggi untuk mencari uang sebanyak-banyaknya, dan sangat gigih untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan sangat perhatian kepada keluarga.”

N : (tertawa lepas…),”hahahahahahaha….,perhatian sama keluarga dari mana..?,perhatian dari Hongkong…??!!!”

E : (wajahnya tampak sedih sesaat),“kan udah ku bilang boy,gk sepenuhnya benar…,..”

N : “Iya..iya…,Terusss klo si Paimin yang tanggal lahirnya 27 Maret..?”

E :”Yaa, ko itung ajalah sendiri…,”

N : “sebentar-sebentar..,27 Maret berarti, 27+3=30=3+0=3. Ya hasil akhirnya tiga, apa pula tu artinya angka 3..?”

E : “Tiga tu Orangnya suka humor, mudah tertawa, tapi sensitive banget…”

N : “Yayayayayaya…ada benarnya juga tu. Soalnya kemaren kami jumpa, terus kutanya tentang kecelakaaan yang ia alami pas sunat kemaren, tiba-tiba langsung wajahnya berubah drastis, seperti tersinggung gitu..,mungkin karena karakter dia itu angka 3 ya…??”

E : “Kecelakaan yang mana,Boy…?”

N : “kecelakaan waktu kita kecil dulu,boy…, yang pas dia disunat,terus Wak Ngademin hampir aja silap ngabisin semuanya….”

E : (tertawa lebar…),”Hahahahahahahaa…,pantas ajalah pula wajahnya berubah,tentang itu pula yang ko Tanya…….Boy..boy….”

N : “Hahahahaa…iya pula ya…”.


 Sejenak mereka pun larut dalam kenangan indah masa-masa kecil dahulu dan suasana pun kembali hening.



N : “terus angka yang lain apa maknanya boy…. Ku rasa udah penasaran tu penonton dari tadi. Ku tengok udah mulai ngitung-ngitung tanggal sama bulan lahir mereka&pasangan masing-masing tu….”

Penonton : “Hahahahahahaa…,Tau aja ente Boy….”

E : “Hmmm….,Klo angka 2, artinya Seorang pendengar yang baik, bisa jadi tempat curhat. Mempunyai sensitivitas perasaan yang sangat tinggi, senang diajak ngobrol dan punya daya imajinasi tinggi. Klo 4 artinya Orangnya sangat teliti, rinci. Segala sesuatunya iya simpan dengan baik dan rapi. Terkesan sedikit kaku dan formal. Terus 5, Suka permainan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan having fun. Orangnya lebih suka berada di luar rumah ketimbang stay at home. Menyukai tantangan dan jalan-jalan. Klo 7, hampir sama dengan angka 1. Orangnya memiliki kepribadian yang sukar ditebak, kurang punya pendirian, dan mudah terpengaruh. Dan 9, Selalu ingin tampak menonjol dihadapan orang banyak, senang menjadi pusat perhatian, dan bisa jadi pemimpin yang baik.


N : (Mengangguk..).”Ooooo…..,terus kek mana pula kawan kita yang fenomenal tu…,Boy..??”

E : (sedikit berpikir,tampak dari keningnya yang mengkerut),”fahri physics maksudmu Boy…?”

N : “Iyaa…”



E : “klo gak salah dia lahir tanggal 17 Juli, berarti, 17+7=24=2+4=6. Angka 6 itu artinya seorang server sejati. Selalu berpikir ingin membantu orang lain. Punya kepekaan perasaan yang tinggi, mudah empati terhadap orang lain dan sangat suka menolong.”

N : (menganggukkan kepalanya sambil bergumam),ya..ya..ya..ya..ya…,Klo itu memang pas untuk dia Boy.,gak buang sedikitpun, benar-benar cocok dengan karakter yang ia miliki…."

E : “Iya boy..,Apa yang Ko bilang tu benar…Dia itu memang server sejati…”


Penonton : “Hadeeeehhhhhh………………………..”


Tiba-tiba ada yang datang…,



Fachri physics : (memasang muka lugu).”Ada apa ini….?”



End.

Related Posts: